Akankah FinTech Membawa Revolusi di Industri Jasa Keuangan?

FinTech Membawa Revolusi di Industri Jasa KeuanganKetika datang ke pelanggan, pengalaman adalah segalanya. Pelanggan tidak membedakan antara organisasi kecil atau yang lebih besar, atau membedakan antara saluran, begitu mereka menikmati tingkat kepuasan terbaik dan layanan berkualitas terbaik, mereka mengharapkan pengalaman yang sama dari perusahaan kecil seperti yang mereka lakukan pada perusahaan yang lebih besar. Sementara organisasi yang lebih besar dengan kantong yang dalam mampu melakukan inisiatif transformasi digital tetapi tidak semua bisnis menikmati kemewahan seperti itu.

Untuk organisasi seperti itu yang terus mencari cara untuk mengubah mimpi bisnis menjadi kenyataan, FinTech adalah mercusuar harapan yang membuka pintu ke kemungkinan bisnis baru dan meningkatkan pengalaman pelanggan dengan solusi kelas atas yang hanya bisa mereka impikan sebelumnya.

Mereka mengatakan teknologi adalah penyeimbang yang hebat dan tidak ada contoh yang lebih baik daripada FinTech karena layanan perbankan yang dulunya merupakan domain perbankan dan lembaga keuangan telah melihat banyak pemain baru di bidang ini bersaing dengan perusahaan perbankan besar dan mapan. Tapi ini bukan berarti institusi perbankan tradisional tertinggal dalam perlombaan digital, karena mereka pasti dalam perlombaan. Tetapi bank karena sistem warisan dan kerangka peraturannya lambat berubah dan tidak dapat memanfaatkan teknologi yang muncul secepat perusahaan FinTech. Berikut adalah beberapa cara teknologi membawa revolusi dalam industri jasa keuangan:

Pergilah ke tempat pelanggan Anda berada

Tidak ada yang menganggap ini lebih serius daripada perusahaan FinTech karena mereka tahu generasi sekarang selalu online, berkat smartphone yang telah mengubah harapan mereka sepenuhnya. Teknologi online, sosial, dan seluler telah menciptakan peluang baru bagi perusahaan FinTech untuk terlibat dengan audiens mereka dan menangani interaksi secara lebih efektif secara digital, dengan layanan yang dipersonalisasi dan informasi relevan yang dikirimkan langsung ke perangkat. Bank tradisional harus mengambil langkah cepat, dalam hal menarik pelanggan karena konsumen berharap banyak, dan mereka menginginkan pengalaman yang sama seperti yang mereka dapatkan dari Amazon, Facebook, dll.

Dompet Digital: Pertukaran uang tidak pernah semudah ini

Apa yang umum di antara PayPal, Paytm, GooglePay, dan ApplePay memungkinkan Anda mengirim jumlah berapa pun kepada siapa pun dengan mengklik tombol tanpa mengunjungi bank, sesuatu yang tidak mungkin dilakukan beberapa tahun yang lalu. Pembayaran melalui smartphone ataupun aplikasi peer-to-peer telah sepenuhnya mengubah cara pengguna mengatasi keuangan. Tidak heran sebagian besar pengguna ponsel cerdas secara teratur menggunakan aplikasi pembayaran seluler karena mudah digunakan, menawarkan kemudahan, fleksibilitas, dan keamanan yang sangat dibutuhkan. Terlebih lagi, aplikasi P2P ini telah menghadirkan layanan perbankan kapan saja, di mana saja kepada konsumennya dan dengan cara yang hemat biaya.

Mencapai unbanked dan underbanked

Tidak punya waktu untuk pergi ke bank atau lelah berdiri dalam antrian panjang di luar ATM, maka Anda memiliki alasan yang baik untuk menggunakan aplikasi uang seluler. Tapi ada banyak orang, terutama di daerah pedesaan; akses ke bank dan ATM adalah kemungkinan yang jauh. Untuk aplikasi uang seluler seperti itu menawarkan peluang luar biasa untuk melakukan transaksi tanpa uang tunai dan menikmati layanan perbankan dari kenyamanan seluler. FinTech menjembatani kesenjangan dengan membantu unbanked dan under-banked mendapatkan akses ke layanan perbankan.

Mengganggu pinjaman tradisional

Selama beberapa dekade, proses peminjaman tradisional ditandai dengan mengisi formulir aplikasi pinjaman, menyerahkan berbagai dokumen, dan kecil kemungkinannya untuk mendapatkan tanggapan yang cepat, dan bahkan setelah sekian lama tidak ada kemungkinan Anda akan mendapat tanggapan positif. Dan bahkan jika semuanya berjalan dengan baik, Anda tidak mungkin menerima dana lebih cepat.

Namun semua ini sudah berlalu, berkat solusi FinTech, peminjaman uang menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Anda tidak perlu lagi mengunjungi bank, mengerjakan banyak kertas, dan menunggu berhari-hari untuk mendengarkan kabar baik. Pinjam uang dalam hitungan jam yang biasanya memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan tanpa stres dan ketegangan, semua dari kenyamanan rumah. Teknologi digital adalah inti dari keberhasilan pinjaman peer-to-peer dan yang memungkinkan pemain FinTech untuk menekan biaya seminimal mungkin dan menawarkan produk dan layanan yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan kelompok sasaran tertentu. Pinjaman P2P adalah salah satu solusi yang menjanjikan untuk memberikan banyak manfaat baik bagi peminjam maupun pemberi pinjaman.

Teknologi keuangan adalah anak baru di blok industri keuangan tetapi telah menjadi wajah perubahan industri keuangan. Tetapi seperti halnya teknologi FinTech jauh dari sempurna dan ada beberapa faktor seperti keamanan yang akan menentukan lintasan pertumbuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *